Rabu, 03 Juli 2013

SATUAN LAYANAN BK


SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
SMP NEGERI 11 TEGAL
JL. MEJABUNG NO 18 KOTA TEGAL

1. Topik Permasalahan : Etika Pergaulan Dengan Teman Sebaya
2. Bidang Bimbingan    : Pribadi/Sosial
Bidang Pribadi yaitu suatu bidang bimbingan yang diberikan kepada siswa secara pribadi yang bertujuan agar siswa itu mampu memahami dan bisa menerapkannya pada diri sendiri.
Bidang Sosial yaitu suatu bentuk bidang bimbingan yang diberikan kepada siswa
yang bertujuan agar siswa bisa menerapkannya di lingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah.
3. Jenis Layanan : Informasi
Jenis layanan informasi adalah suatu jenis layanan yang tujuannya memberikan informasi kepada siswa, agar siswa mengetahui informasi apa saja yang harus mereka ketahui.
Jenis  informasi yang diberikan kepada siswa mengenai cara menghadapi stes disekolah, kemana siswa setelah lulus nanti, disini tugas kita memberi arahan kepada mereka agar mereka tidak merasa binggung setelah lulus nanti.
4. Fungsi Layanan : Pemahaman
Pemahaman disini menjelaskan Karakteristik/Potensi/Tugas-tugas perkembangan Peserta didik dan membantu mereka untuk memahaminya secara objektif/realistik
5. Kompetensi Dasar : - Siswa mengerti bentuk pergaulan remaja
- Siswa mengetahui unsur etika dalam pergaulan
6. Uraian kegiatan :
Strategi Penyajian : -Klasikal
Dalam penyajian dalam bentuk klasikal ini seorang guru wajib menjelaskan materi apa yang akan disampaikan agar siswa bisa memahaminya dan bisa menerapkannya di sekolah maupun diluar sekolah.
- Guru pembimbing memberikan penjelasan tentang etika dalam
 Bergaul dengan teman sebaya
 - Siswa aktif memberikan pendapat tentang etika yang baik
dalam  Bergaul dengan teman sebaya.

Materi : Materi yang akan disampaikan nanti tidak perlu yang terlalu sulit diterima oleh siswa, bisa saja materi yang ringan – ringan saja. Seperti di sekeliling sekolah yang sering dilihat atau yang sering dirasakan oleh siswa dikelas seperti bagai mana menghilangkan stres di kelas.
  “ Etika Pergaulan DengaTeman Sebaya”

7.  Tempat Penyelenggaraan kegiatan : Ruang kelas
8. Waktu : 1 x 30 menit
Hari / Tanggal :  Kamis,18 April 2013
9. Penyelenggara Layanan :  Rizqi Amalia
10. Pihak-pihak yg Dilibatkan :
11. Alat Perlengkapan  Yang digunakan   :  Sumber yang relevan
12. Rencana Evaluasi  dan tindak lanjut :
     - Mengamati siswa selama mengikuti layanana, mengungkapka siswa atas materi layanan   yang  telah di berikan
    - Penilaian segera ( laisek ) dengan memberikan angket kepada  sisswa setelah pelayanan
13. Tindak lanjut : Bimbingan Kelompok
14. Catatan khusus : -


        Tegal, 18 April 2013




Perencana Layanan



   Rizqi Amalia
       




Tidak ada komentar:

Posting Komentar